DEWAN PIMPINAN PUSAT ICW

Sabtu, Oktober 10

SARAN, PENDAPAT, SERTA USULAN ICW TENTANG OBJEK WISATA SILALAHI


Pendahuluan

BERKAH KHUSUS DARI TUHAN

Keindahan panorama Tao Silalahi yang terdapat di Kecamatan Silalahi Sabungan Kabupaten Dairi merupakan berkah khusus yang diberikan Tuhan ke Kabupaten Dairi umumnya dan kepada masyarakat Silahi Sabungan pada khususnya. Karena bila dilihat secara umum keindahan danau tersebut adalah keindahan natural atau alami sebab disana tidak terlihat polesan hasil tangan secara manusia yang dalam artian danau tersebut merupakan ciptaan Tuhan secara murni.

Bila dipandang secara umum, secara geografis tempat Tao Silalahi sangat menjanjikan untuk tempat pariwisata nomor satu di Propinsi Sumatera Utara, hal itu disebabkan karena pusat dari Pemerintahan untuk Sumatera Utara saat ini adalah Medan dan untuk suasana pariwisata adalah kebutuhan manusia dari kota besar yang ingin bergantian suasana setelah beberapa hari lamanya bergelut dengan segala permasalahan hidup terutama permasalahan ekonomi, dengan berdasarkan hal tersebut secara geografis Tao Silalahi sangat srategis untuk masyarakat Medan secara khususnya dan ditambah dari masyarakat kabupaten-kabupaten lainnya di Sumatera Utara. Bila berangkat dari Medan dibutuhkan waktu sekitar tiga jam untuk menuju Tao Silalahi bias masuk lewat pintu dari Tongging sambil melewati perjalanan disini akan disuguhkan pemandangan alam yang sangat alami termasuk disuguhkan pemandangan buah mangga disepanjang jalan yang sedang ranum diwaktu panen dan hijaunya daun bawang merah yang secara aneh dapat tumbuh dilokasi bebatuan yang disiram dengan kincir air yang agak aneh yang disebut dengan kincir gila.



PARIWISATA BAHARI URUTAN PERTAMA

Tidak dapat dipungkiri untuk sampai saat ini pariwisata yang paling digemari adalah pariwisata air atau bahari bila dibanding dengan pariwisata lainnya. Oleh karena itu Tao Silalahi adalah jawabannya. Penataan yang dibutuhkan saat ini adalah penataan secara kelengkapan peralatan pariwisata seperti sepeda air, speed boat dan peralatan pariwisata air lainnya yang tentu hal ini akan menambah PAD Dairi. Pemanfaatan lokasi pintu masuk sangat baik bila dari Simpang Silalahi Lae Pondom dimana bila dari pintu masuk ini akan disuguhi lekukan-lekukan jalan yang sangat indah sebanyak 17 kali hingga sampai dipinggiran Tao Silalahi dan daerah ini sangat tepat dimanfaatkan untuk lokasi pedagang pariwisata seperti pemanfaatan lokasi panatapan yang terdapat di Desa Doulu bila kita berangkat dari Sidikalang menuju Medan dan implementasi dari pemanfaatan tikungan ini untuk lokasi perdagangan adalah adanya Petani Pariwisata di Kecamatan Silahi Sabungan. Seperti yang kita ketahui selain objek wisata bahari yang menjadi andalan Pariwisata Silalahi juga memiliki pariwisata gunung yang terdapat di Kecamatan ini yang berdiri menantang para pendaki gunung dan pecinta alam yang saat ini dapat dilihat seakan berdiri kokoh menjaga segala asset Dairi di Kecamatan ini.

PUBLIKASI

Dunia Pariwisata berkembang, berjalan bahkan bersinar secara local dan internasional akan tetapi bernafaskan kepada yang namanya publikasi. Publikasi sendiri dapat direalisasikan dengan berbagai cara antara lain reklame, iklan dan cara-cara lainnya yang bertujuan dapat menarik minat seseorang atau kelompok untuk berkunjung ke titik lokasi pariwisata yang dimaksud. ICW untuk publikasi Tao Silalahi mempunyai saran untuk dapat menarik minat pelaku pariwisata ke lokasi. Penyebaran brosur yang berisi cerita tentang Tao Silalahi dan gambar objek, serta cerita budaya, pertanian dapat dikemas disecarik kertas dengan segala trik keunikannya dan kertas ini akhirnya dibentuk sebagai sebuah brosur pariwisata dan dibagi-bagikan di seluruh Kota Medan dan melibatkan orang-orang Dairi yang bermukim disana seperti Mahasiswa Kabupaten Dairi yang sedang menimba ilmu di Propinsi ini yang sekarang ini memiliki wadah seperti HIMADA (Himpunan Mahasiswa Dairi), IMDA (Ikatan Mahasiswa Dairi).

Demikian ajuan, saran dan pengamatan awal tentang Pariwisata tao Silalahi ini kami perbuat. Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar